YUNIRAWATI, S.Pd
SLB BC YSBPD WURYANTORO KABUPATEN WONOGIRI
ABSTRAK
Abstrak: rumusan masalah dalam praktik baik ini adalah: 1) rendahnya kemampuan membaca permulaan peserta didik tunarungu pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 Tema Kegemaran Subtema Gemar Olahraga 2) rendahnya nilai belajar Bahasa Indonesia kelas 1 Tema Kegemaran Subtema Gemar Olahraga bagi peserta didik tunarungu, serta 3) tingkat keaktifan peserta didik tunarungu yang belum tampak pada saat pembelajaran di SLB BC YSBPD Wuryantoro. Tujuan yang ingin dicapai pada praktik baik ini yaitu: 1) meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada materi Bahasa Indonesia kelas 1 Tema Kegemaran Subtema Gemar Olahraga, 2) meningkatkan hasil belajar materi Bahasa Indonesia kelas 1 pada menyalin macam-macam kegemaran olahraga Tema Kegemaran Subtema Gemar Olahraga, dan 3) meningkatkan keaktifan peserta didik yang belum tampak pada saat pembelajaran. Adapun tahapan strategi mencapai tujuan adalah: 1) merancang rencana pelaksanaan pembelajaran, 2) merancang media APCA, 3) mengevaluasi media APCA. Simpulannya yaitu: 1) implementasi media APCA dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik tunarungu,
2) penggunaan media APCA meningkatkan hasil nilai harian kemampuan membaca permulaan peserta didik tunarungu, 3) implementasi media APCA dapat meningkatkan keaktifan dan semangat belajar peserta didik. Saran atau rekomendasi dari praktik baik ditujukan bagi: 1) guru dan tenaga kependidikan supaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penggunaan media APCA dalam mata pelajaran selain Bahasa Indonesia, 2) sekolah terus memberikan dukungan terhadap pengembangan media APCA untuk pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dan 3) orang tua peserta didik supaya ikut berperan aktif baik kontribusi biaya maupun tenaga dalam mendukung kegiatan pengembangan media APCA secara mandiri untuk maksimalnya pembelajaran yang bermakna dan sepanjang hayat.Kata Kunci: APCA, kemampuan membaca permulaan, tunarungu.