oleh: Tri Yustanto SMK Negeri 2 Wonogiri.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi persamaan kuadrat melalui penerapan pembelajaran realistik dengan blok aljabar(Realblokar) bagi peserta didik kelas XI TBSM-B SMK N 2 Wonogiri pada semester gasal tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 2 Wonogiri. Waktu yang diperlukan untuk penelitian adalah 4 bulan. Subyek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI TBSM-B SMK N 2 Wonogiri pada semester gasal tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 36 peserta didik terdiri dari 33 peaerta didik putra dan 3 peserta didik putri.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, teknik obserasi dan teknik tes. Alat pengumpul data menggunakan dokumen daftar nilai, dokumen catatan personal peserta didik, dan butir soal tes untuk hasil belajar baik siklus 1 maupun siklus 2. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis diskriptif komparatif yang membandingkan data kondisi awal dengan data siklus pertama dan data pada siklus kedua. Setelah deskriptif komparatif dilanjutkan reflektif.
Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan dari kondisi awal nilai ketuntasan belajar 58,33 menjadi 72,22 pada siklus pertama dan menjadi 83,33 pada silus kedua. Sehingga dari kondisi awal ke siklus 2 naik 25 poin atau naik 42,86 %, sedangkan keaktifan peserta didik dari kondisi awal 55,73% menjadi 82,32% pada siklus 2 sehingga naik 47,71%.. Aktivitas guru saat pertemuan 1 siklus 1 mencapai 35 dengan skor maksimum 44 dan memperoleh presentase 79,55 % memiliki kualifikasi baik. Sedangkan saat berlangsung pertemuan 2 pada siklus 1 mendapatkan skor 37 dengan skor maksimum 44 memperoleh presentase 84,09 % juga memiliki kualifikasi baik. Pada pertemuan 1 siklus 2 capaian nilai aktivitas guru mencapai 39 dengan skor maksimal 44 memperoleh prosentase nilai 88,64 % yang memiliki kualifikasi sangat baik. Sedangkan di saat melakukan pertemuan 2 siklus 2 guru memperoleh nilai 40 dengan skor maksimal 44 memperoleh prosentase 90,91 % yang juga memilki kualifikasi sangat baik. Dengan demikian penggunaan pembelajaran realistik dan blok aljabar dapat meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci : Blok Aljabar; Hasil Belajar; dan Pembelajaran Realistik